Jumat, 23 Oktober 2009

KeuTamaAN ILMU

Dalam rangka kita memacu kehidupan di dunia ini lebih-lebih pada zaman di abad modern yang serba canggih ini, pasti tidaklah lepas dari ilmu pengetahuan. Tanpa ilmu kita tidak bisa menikmati kehidupan di dunia ini, sebab ilmu itu adalah cahaya penerang bagi seseorang di dunia dan di akhirat. Sebagai missal, kita menginginkan menjadi seorang dokter haruslah dengan ilmu, kita ingin menjadi seorang pejabat haruslah dengan ilmu, kita ingi n menjadi seorang murid yang pintar haruslah dengan ilmu, dan begitulah seterusnya itulah sesuatu sarana yang berhubungan dengan persoalan dunia.
Selanjutnya yang berhubungan dengan persoalan akhirat, kita harus menggunakan ilmu pula. Kita mengerjakan sholat harus dengan ilmu, kita mengerjakan ibadah-ibadah lainnya haruslah dengan ilmu pula. Dalam mengerjakan sesuatu tanpa ilmu ibarat tubuh tanpa roh. Tidak bisa member arti, tidak bisa member manfaat pada sekelilingnya, apalagi terhadap dirinya sendiri itulah sesuatu yang tidak didasari dengan ilmu.
Ilmu pengetahuan, apa itu??? Yaitu kawan di kala sendirian, sahabat di waktu sunyi, penunjuk jalan kepada agama, pendorong ketabahan di saat dalam kekurangan dan kesukaran.
Tuhan akan meninggikan pangkat seseorang karena ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Kemudian Tuhan menjadikan mereka itu sebagai pemimpin, pembimbing yang diikuti petunjuk, mereka juga sebagai penunjuk kejalan kebaikan, sepak terjangnya dicontoh, kelakuannya ditiru dan diteladani.
Dengan ilmu pengetahuan pulalah seorang hamba dapat menduduki tempat orang-orang yang bakti dan pangkat-pangkat tinggi. Orang yang dikaruniai ilmu adalah benar-benar orang yang berbahagia, dan orang yang terhalang atau tidak diberi ilmu adalah orang-orang yang celaka.
Sesudah kita mengetahui betapa pentingnya ilmu maka hendaknya kita berlomba-lomba untuk mencari ilmu. Jangan engkau jadikan dirimu orang yang sombang karena ilmu yang telah dikaruniakan kepada kamu. Tetapi jadilah guru bagi mereka yang kesulitan dalam menuntut imu. Dan kita harus selalu dan selalu belajar untuk menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar